Hal yang perlu diketahui tentang wasir selama kehamilan

Wasir tidak mengancam jiwa, tetapi jika tidak diobati secara tepat waktu juga sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi tidak hanya dalam kehamilan tetapi juga sekitar waktu setelah kelahiran.

 

Hal yang perlu diketahui tentang wasir selama kehamilan

Wasir adalah varises di daerah rektum yang menyebabkan pembengkakan atau pendarahan. Gatal dan iritasi ringan, jika lebih buruk, akan menyebabkan rasa sakit, bahkan perdarahan rektal.

Wasir biasanya terjadi selama kehamilan, terutama dalam 3 bulan terakhir atau bagi mereka yang hamil untuk pertama kalinya. Ini adalah salah satu gejala fisiologis kehamilan yang paling umum. Namun, jika Anda memiliki penyakit pra-kehamilan, penyakit ini akan cenderung berkembang pada tahap akhir kehamilan, yang juga merupakan ancaman besar bagi kesehatan Anda serta kehamilan Anda. Anak-anak.

Penyebab utama wasir banyak, tetapi penyebab utama penyakit ini adalah bahwa selama kehamilan, rahim mengembangkan tekanan pada vena pelvis serta semua jaringan dan otot ibu lainnya. Memperlambat sirkulasi darah menyebabkan vena meregang. Selain itu, peningkatan kadar hormon progestogen dalam kehamilan juga memberikan tekanan pada dinding vena, membuat mereka mudah bengkak, melebar dan melemah. Secara khusus, progesteron menyebabkan konstipasi dengan memperlambat pencernaan di usus ibu.

Konstipasi juga merupakan penyakit yang umum pada kehamilan dan merupakan faktor risiko penyakit, meningkatkan kondisi penyakit. Beberapa penyebab lain berasal dari kehidupan eksternal seperti kelelahan dan stres.

Pencegahan dan pengobatan wasir selama kehamilan

Meskipun wanita hamil berisiko untuk wasir, penyakit ini dapat dihindari. Berikut beberapa kiat untuk membantu mencegah penyakit ini:

  • Tambahkan makanan berserat tinggi ke dalam diet harian Anda untuk menghindari sembelit seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Secara khusus, minum banyak air dan jaga latihan ringan secara teratur,
  • Latihan kegel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit ini. Kegel membantu meningkatkan aliran darah di rektum dan memperkuat otot di sekitar anus, mengurangi risiko wasir. Ini juga merupakan latihan yang membantu Anda mempersempit otot-otot di sekitar vagina, uretra, membantu tubuh cepat pulih setelah lahir.
  • Hindari duduk atau berdiri untuk jangka waktu yang lama. Jika pekerjaan Anda adalah duduk banyak, cobalah untuk berdiri dan bergerak lebih banyak dalam hitungan menit per jam atau lebih. Jika Anda sedang beristirahat, menonton televisi, membaca, berbaring miring, hindari berbaring telentang atau perut. Bersandar di sebelah kiri adalah cara terbaik untuk mengurangi stasis di daerah panggul dan dubur.
  • Memasukan es batu dingin dalam kantung kain yang lembut dan menerapkan pijatan ringan atau ringan juga sangat efektif dalam mengobati penyakit.
  • Secara lembut bersihkan area anus setelah pergi ke toilet. Hindari menggunakan kertas toilet berwarna atau terlalu banyak wewangian.

Jika penyakit memburuk, temui dokter Anda untuk perawatan yang tepat waktu. Hindari menggunakan obat atau krim selama kehamilan karena dapat menyebabkan Anda menjadi lebih buruk.

Untuk beberapa kasus serius lainnya, mungkin perlu melakukan intervensi sebagai operasi kecil untuk meminimalkan gejala penyakit. Bahkan, langkah-langkah untuk penyakit hanya membantu meringankan, sulit untuk disembuhkan sepenuhnya. Namun, kebanyakan wanita berpikir bahwa setelah lahir, gejala penyakitnya hampir hilang dan mereka merasa sangat nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *