Perawatan dan Pengobatan sakit kepala selama kehamilan

Sakit kepala tidak biasa, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan, tetapi jika Anda sudah sering sakit kepala sebelum hamil, maka sakit kepala selama kehamilan bisa lebih menyakitkan.

Menurut dokter, di bulan-bulan awal kehamilan, volume aliran darah meningkat secara dramatis menyebabkan nyeri tumpul, yang berlangsung 2 candi atau belakang leher. Juga, kurang tidur, kelelahan, gugup, hidung tersumbat, alergi, depresi, lapar, minum air, penggunaan ibu dari stimulan seperti kopi juga merupakan penyebab utama sakit kepala.

Jika Anda memiliki sakit kepala dalam 3 bulan pertama kehamilan, maka dalam 3 bulan ke depan, ketika hormon menstabilkan dan tubuh beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan kehamilan, fenomena tersebut dapat dikurangi bertahap atau menghilang.

Gejala sakit kepala selama kehamilan

Kebanyakan sakit kepala selama kehamilan tidak berbahaya tetapi dalam beberapa kasus mereka bisa menjadi serius ketika migrain berkembang, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Menurut statistik, sekitar satu dari lima wanita menderita sakit kepala migrain pada kehamilan pertama dan selama trimester pertama kehamilan.

Migren terjadi di satu sisi kepala, yang mungkin disertai dengan sejumlah gejala lain seperti mual, muntah, kepekaan terhadap cahaya atau suara. Secara khusus, itu akan menjadi tahan lama dan serius jika tidak segera diobati.

Beberapa wanita juga memiliki migrain dengan aura, khususnya mereka yang mengalami gejala seperti gangguan penglihatan, sensasi, seperti flicker atau blind spots.

Selain itu, selama trimester pertama dan kedua kehamilan, sakit kepala mungkin merupakan tanda preeklamsia – sindrom kehamilan berat yang mencakup tekanan darah tinggi, protein dalam urin, dan beberapa perubahan lainnya.

Jika ini adalah kunjungan pertama Anda hamil dan pada 3 bulan antara dan 3 bulan terakhir kehamilan, dan salah satu gejala seperti sakit kepala terkait perubahan visi, sakit kepala parah disertai demam, mual, peningkatan pembengkakan mendadak, pembengkakan tangan, kaki, wajah … Anda harus pergi ke dokter untuk memeriksa tekanan darah dan tes urine segera untuk menghindari pre-eclampsia.

Perawatan dan pencegahan sakit kepala selama kehamilan

Banyak wanita bertanya-tanya apakah mereka harus mengonsumsi obat pereda nyeri. Meskipun acetaminophen atau obat topikal lainnya aman digunakan, dosis tidak boleh diberikan kepada wanita hamil karena efek langsung yang dapat terjadi pada rasa sakit. tidak baik untuk bayi. Jika Anda mengalami migrain yang parah, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan pereda nyeri.

Berikut beberapa saran yang dapat membantu Anda menghindari sakit kepala:

  • Menemukan Penyebab untuk Pencegahan dan Perawatan: Dokter sering menyarankan ibu untuk menyimpan buku harian kehamilan untuk melacak kondisi Anda serta janin dari waktu ke waktu. Anda harus menulis apa saja, seperti kegiatan serta makanan, bagaimana pola makan. Ini sangat bermanfaat, ini membantu dokter menentukan penyebab spesifik dan arah pengobatan yang wajar.
  • Diet harian juga sangat penting. Beberapa pemicu migrain melibatkan makanan yang mengandung zat seperti MSG; sulfit (digunakan sebagai pengawet untuk sayuran dan buah-buahan kering); nitrit (umumnya ditemukan dalam makanan olahan seperti bacon, sosis); pemanis buatan; coklat …
  • Hindari tingkat kebisingan yang tinggi, tidak merokok, dan kurangi minuman berkafein.
  • Mandi dengan air hangat juga membantu meringankan sakit kepala.
  • Jangan biarkan tubuh Anda terlalu haus atau terlalu lapar. Untuk mencegah gula darah rendah, bagilah menjadi makanan kecil agar tubuh tidak kelaparan. Atau jika Anda terlalu sibuk, siapkan camilan, mudah dibawa bersama Anda seperti biskuit, yoghurt … Hindari makanan terlalu manis dengan mudah meningkatkan gula darah.
  • Dapatkan tidur yang cukup, batasi kelelahan dan stres.
  • Pijat santai juga baik untuk Anda selama kehamilan.
  • Latihan lembut: Banyak bukti menunjukkan bahwa mempertahankan olahraga ringan dapat mengurangi frekuensi dan keparahan penyakit. Perhatikan bahwa jika Anda rentan terhadap sakit kepala migrain, jangan berolahraga secara tiba-tiba, lakukan latihan ringan dan sedikit demi sedikit agar terbiasa dengan tubuh. Selain itu, beberapa latihan olahraga sangat berguna untuk sakit kepala migrain selama trimester ketiga. Latihan seperti meditasi, yoga adalah saran bagus untuk Anda di periode ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *